Wisata Danau Batur Kintamani

 

 

Ingin berwisata ke Bali dan bosan dengan objek wisata pantai yang sudah populer? Mungkin Anda perlu menuju ke bagian lain dari Pulau Dewata. Terutama jika wisatawan sangat suka dengan keindahan pegunungan dan udara yang sejuk. Bali bisa menyediakan objek wisata yang bisa memanjakan mata Anda. Salah satunya adalah Danau Batur Kintamani Bali yang sangat menarik untuk dikunjungi. Untuk lebih jelasnya mengenai objek wisata ini, berikut informasi lengkapnya.

  • Keindahan Danau Batur Kintamani

Danau Batur merupakan sebuah danau dengan pemandangan yang sangat indah. Air danau berwarna hijau kebiru-biruan. Sedangkan suasana sekitarnya adalah pegunungan. Dan karena berada di kawasan Gunung Batur, maka suasananya tentu sangat sejuk. Suhunya berkisar antara 22 derajad hingga 26 derajad celcius.

Danau terluas di Bali ini memiliki area seluas kurang lebih 16 kilometer persegi dengan kedalaman danau mencapai 65 meter. lokasinya berada di ketinggian kurang lebih 1.050 meter di atas permukaan laut. Danau ini adalah danau kaldera aktif yang dulu terbentuk karena Gunung Batur yang meletus. Kini, kaldera itu sudah terisi dengan air secara alami dan menjadi danau terbesar di Bali.

Keunikan lain dari Danau Batur Kintamani ini adalah bentuk danau yang mirip dengan bulan sabit jika dilihat dari ketinggian tertentu.Ukurannya mendapai 7 kilometer dengan lebar mencapai 2,5 kilometer.Keunikan lain dari danau ini adalah airnya yang bisa memiliki warna berubah-ubah. Perubahan warna ini dipengaruhi oleh kandungan belerang yang ada di dasarnya. Kadang danau ini akan terlihat hijau kekuningan, dan bisa juga terlihat seperti air laut yang kebiru-biruan.

Bukan hanya itu, pemandangan di sekitar danau juga sangat menawan.Dengan perpaduan warha kehijauan dari bukit dan pegunungan yang ada di sekitarnya,langit yang biru pun menjadi terasa sangat alami.Apalagi saat fenomena matahari terbit, pasti akan terasa sangat menawan.Danau ini juga sudah ditetapkan sebagai Global Geopark Network dari UNESCO.

  • Lokasi Danau Batur Kintamani

Danau Batur Kintamani berada di Desa Penelokan Utara, Kecamatan Kintamani, Bangli, Bali. Lokasi ini kurang lebih berada di 65 kilometer dari pusat Kota Denpasar dan juga masih satu kawasan dengan objek wisata di Bangli.Jika Anda kebetulan baru turun dari pesawat di Ngurah Rai Bali, maka perjalanan menuju kawasan wisata yang satu ini adalah kurang lebih 2 jam perjalanan. Anda bisa melewati Gianyar.

Jika berasal dari Singaraja, Anda bisa menuju danau ini hanya sekitar 1,5 jam melewati Desa Kubutambahan (kurang lebih 58 kilometer). Karena berada di area pegunungan,perjalanan ini akan melewati jalanan yang berkelok-kelok dan menanjak atau menurun. Maka dari itu, diharapkan wisatawan berhati-hati dalam mengemudikan kendaraan.

  • Kegiatan Di Danau Batur Kintamani

Jika Anda ingin berkunjung ke Danau Batur Kintamani ini, tidak perlu bingung untuk memikirkan apa saja yang bisa dilakukan di sana. Karena pada dasarnya, ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan di sana. Berikut beberapa hal yang menarik dan bisa dilakukan.
Berkeliling dengan perahu – Wisatawan bisa menikmati suasana yang ada dengan berkeliling menggunakan perahu. Anda bisa menyewa perahu warga sekitar untuk mengantar berkeliling.
Pemandian air panas – Tidak jauh dari Danau Batur, ada pemandian air panas yang bisa dikunjungi wisatawan lokal maupun internasional. Namanya adalah Batur Natural Hot Spring atau Toya Bungkah.
Menikmati sunrise – Danau ini adalah salah satu danau terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbit. Jika tertarik, datanglah di pagi hari untuk menikmati pemandangan tersebut.

  • Harga Tiket Masuk dan Akomodasi

Harga tiket masuk untuk berwisata ke Danau Batur ini terbilang sangat murah, karena Anda hanya perlu membayar Rp 15.000 per orang saja untuk bisa menikmati keindahannya. Jika Anda ingin naik perahu, Anda bisa menawar harganya. Kurang lebih sekitar Rp 500.000 untuk perahu dengan kapasitas 10 orang.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai objek wisata Danau Batur Kintamani yang layak untuk dijadikan destinasi wisata saat berlibur di Pulau Dewata. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.