Wisata Museum Puri Lukisan

 

 

Sudah merencanakan liburan bersama keluarga, teman atau pasangan di akhir pekan ini? Kamu sudah pasti tahu bahwa banyak tempat pariwisata yang bisa kita kunjungi di negeri tercinta kita Indonesia. Salah satu yang terfavorit yaitu Pulau Dewata Bali.

Kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan Pulau Dewata Bali. Bali merupakan tempat wisata yang paling digemari oleh turis, baik turis mancanegara maupun turis lokal. Selain keindahan dan keeksotisan pantainya yang sudah mendunia, Bali juga mempunyai objek wisata seni. Salah satunya yaitu Museum Puri Lukisan. Museum ini bisa dijadikan salah satu tujuan objek wisata kamu saat liburan di Bali.

  • Sejarah Museum Puri Lukisan Ubud Bali

Sejarah Museum Puri Lukisan Ubud Bali ini awal mulanya berdiri karena adanya kekhawatiran dari para seniman Bali terhadap khasanah dan ketermiskinan budaya seni di Bali. Hal ini disebabkan terpencarnya hasil seni Bali karena digunakan sebagai cendera mata untuk para turis mancanegara. Untuk itu para seniman Bali membentuk suatu organisasi yang diberi nama Pitamaha pada tahun 1936. Namun wisata Museum Puri Lukisan di Bali ini baru diresmikan pada tahun 1954 oleh gubernur Bali pada saat itu. Dengan melanjutkan gagasan dari organisasi Pitamaha terdahulu, yang tertuang dalam wadah organisasi baru yaitu Yayasan Ratna Warta.

  • Objek wisata di Museum Puri Lukisan

Terdapat empat bangunan objek wisata di Museum ini yaitu :
• Lukisan Wayang Kamasan,
• Ukiran kayu
• Lukisan karya anggota Pitamaha
• Lukisan karya I Gusti Nyoman Lempad

  • Keistimewaan Museum Puri Lukisan

Museum Puri Lukisan adalah museum yang menyimpan keaneka ragaman seni dengan segala corak dan jenisnya. Selain itu, terdapat keistimewan di museum ini, yaitu terdapat lukisan dari seniman Belanda yang bernama Rudolf Bonnet. Di sini kita bisa melihat bawa seni dapat menyatukan dua bangsa yang bersekutu yaitu Belanda dan Indonesia.

Wisata di Museum Puri Lukisan Bali memberikan efek tenang dan damai dalam diri maupun jiwa, karena kamu bisa melihat keindahan Museum Puri Lukisan mampu mengobati haus dan dahaga para penikmat seni. Jadi, untuk apa ragu lagi datang ke tempat wisata di Bali Museum puri Lukisan, karena kamu akan banyak mendapatkan banyak manfaatnya setelah datang ke tempat ini.

Di dalam wisata Museum Puri Lukisan Bali, kamu akan mendapati berbagai macam karya seni dari berbqgai seniman. Ada yang termasuk karya seni modern, bahkan karya seni tradisional zaman dulu pun akan bisa kamu temukan. Selain karya seni lukisan, di dalam wisata Museum Puri Lukisan di Ubud ini juga terdapat karya seni ukir dan seni pahat Bali yang memang sudah sangat terkenal. Kamu akan serasa tersihir jika sudah menjejakan kaki ke dalamnya.

  • Lokasi,Harga Tiket & Jam Buka Museum Puri Lukisan Ubud

Tentunya anda ingin tahu letak lokasi dari museum Puri Lukisan di Ubud. Lokasinya berada di jalan Raya Ubud. Sangat dekat dengan lokasinya dari puri Ubud dan pasar seni Ubud, jaraknya sekitar 300 meter ke barat.

Museum ini buka dari jam 09:00 – 18:00 (waktu Bali) dan buka setiap hari, kecuali pada hari raya Nyepi. Tiket masuk akan dikenakan sebesar Rp 75.000 per orang dewasa. Harga tiket masuk sudah termasuk minuman yang menyegarkan dan kue. Untuk anak-anak yang berumur di bawah 15 tahun dan ditemani oleh orang tua, tidak akan dikenakan biaya tiket masuk.

  • Wisata kuliner di Museum Puri Lukisan

Banyak restoran yang menyajikan makanan khas Bali seperti Ayam Betutu dan Sambal Matah yang membuat air liur kamu menetes dan tidak sabar untuk segera mencicipinya. Berikut 10 restoran terbaik di sekitar museum:

1. Giardino
2. Spice by Chris Salans
3. Daily Baguette
4. Gellato Secrets
5. Casa Luna Restaurant
6. Rouge Loudgh and Sushi Bar
7. Warung Bogasari
8. Cafe Des Artistes
9. Burger Shop Ubud
10. Miro’s Garden Restaurant

Nah, buat kamu yang masih bingung nih mau habisin waktu liburan panjang kalian kemana bersama keluarga, teman, sahabat atau pasangan. Dan sepertinyanbosan dengan liburan yang itu-itu saja, seperti ke pantai, melihat binatang, menikmati pemandangan ataupun hanya sekedar berkunjung ke rumah sanak keluarga.

Butuh tempat wisata lain yang tidak hanya menjernihkan pikiran, menjernihkan mata tapi juga mendapatkan manfaat lain seperti rasa memiliki akan khasanah kebudayaan bangsa yang sangat bernilai tinggi tidak hanya di Indonesia namun juga di mancanegara bahkan penjuru dunia. Jika, orang asing saja sudah mengakui indahnya Museum Puri Lukisan sebagai hasil budaya, kita yang memiliki nilai sejarah dan seni yang cukup tinggi, mengapa kita masih ragu untuk melindungi serta menjaganya agar tidak dirampas oleh negara lain dan masih banyak lagi loh museum di bali yang mungkin kalian belum tau loh ! Yuk, ke Museum Puri Lukisan di Ubud dan nikmati pengalaman berbeda dari liburan kamu .
Happy Travelling!